twitter
rss



Liburan sekolah kali ini kami dari pengurus Rumah Baca dibantu oleh Mbak Dwi dan Mbak Susi mengadakan Kemah di halaman SMP Dukun 2.  Diikuti oleh 17anak, dari  kelas 4-6 SD . Kemah Liburan ini diadakan mulai tanggal 28-30 Juni 2011. Di awal pertemuan , materi diberikan oleh Pak Dukri yang mengajarkan kepada anak-anak tentang Kepemimpinan. Disana anak-anak diajarkan bahwa pemimpin itu bukan dilahirkan tapi dikembangkan, pemimpin itu harus memiliki kompas di kepala dan magnet dihati. Ya, kemah liburan kali ini temanya adalah kepemimpinan, oleh karenanya anak-anak membentuk kelompok dengan nama sifat pemimpin. Ada kelompok Cerdas, Cekatan, Disiplin dan Tangguh. Antusias mereka yang mengikuti Kemah Liburan ini sangat luar biasa. Apalagi hari kedua kami adakan outbond untuk mereka. Jarak yang ditempuh untuk Outbond sekitar 2km. Mereka melewati sawah dan sungai untuk di uji oleh kakak Pembina di posko.
Acara berlanjut dengan materi kepemimpinan yang dibawakan olah Kak Olive. Materi mengenai Cita-Cita dan Sifat Pemimpin diberikan diakhiri dengan permainan singkat mengenai pemimpin. Malamnya kami adakan Api Unggun dan Bakar Jagung bersama.
Hari terakhir, materi diberikan oleh Kak Nukman. Masih soal kepemimpinan , kali ini kak Nukman mengajak anak-anak untuk bermain . Ada permainan Estafet Kalimat, Urutkan Temanmu dan terakhir permainan kreatifitas membuat taman dari pasir (kebetulan di SMP DUkun ada sepetak pasir untuk olahraga Lompat Jauh)

Anak-anak antusias dengan Kemah Liburan ini. Mereka ingin kemah ini diadakan kembali. Semoga dalam waktu dekat ini kami bisa adakan kemah kembali. Dalam kemah ini , banyak pelajaran yang diberikan kepada anak-anak. Selain mengenai Kepemimpinan, anak-anak juga diajarkan untuk mencintai alam. Kedisiplinan dan kerja sama juga diajarkan melalui jadwal piket untuk yang mencuci piring, masak dan bersih2 :)



peserta Kemah Liburan

peserta dan kakak pembina

diskusi kelompok


mejeng dulu ah....

topeng ireng ala kadarnya 

(masih) topeng ireng ala kadarnya ...heheh

sesi sifat kepemimpinan 

nyanyi bersama 

atraksi kelompok

anak kreatif,..gak ada mobil2an,..sandalpun jadi "balapan sandal"

antri makan yuuuk

makan  bersama 

permainan kelompok, kreatif buat taman 

asep, mas budi, roto 



0 komentar:

Posting Komentar