twitter
rss

 




Pertama-tama, saaya atas nama  pengurus Rumah Baca Sunan Pathi, Dusun Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada kami, baik berupa dana  ataupun buku-buku bacaan untuk koleksi Rumah Baca Sunan Pathi.
Tanggal 30 Maret 2011 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Rumah Baca yang persiapannya sudah hampir selesai. Rencananya RBSP akan mulai mulai beropersional  pada tanggal  4 April 2011 , dengan sistem buka setiap hari mulai dari jam 5 sore sampai jam 9 malam. Ini dikarenakan menyesuaikan jadwal dengan pengurus Rumah Baca, yang notabene adalah pemuda remaja Dusun Paten. Beberapa pengurus Rumah Baca masih ada yang sekolah, kuliah dan bertani.  Diharapkan nantinya akan bisa dibuka pada pagi hari mengingat lokasi Rumah Baca terletak disebelah Sekolah. (SDN 1 Paten).
Adapun dalam pelaksanaanya (manajemen peminjaman buku, dll) masih dalam proses belajar sambil berjalannya RBSP.  Kami dari relawan (saya, Dodo dan Tejo) masih akan terus memantau jalannya manajemen Rumah Baca sampai dirasa benar-benar bisa  mandiri. 
Koleksi buku-buku yang ada di RBSP sudah ada sekitar 600buah. Terdiri dari  buku-buku pelajaran, komik, buku cerita, buku pengetahuan . Saya secara pribadi memiliki kerinduan agar koleksi buku di  RBSP bisa lebih bervariatif.  Agar RBSP ini juga bisa menjangkau seluruh warga Dusun, baik anak-anak, remaja, pemuda hingga dewasa, maka saya berharap ada penambahan koleksi buku di RBSP berupa  buku-buku pertanian dan peternakan, buku-buku ketrampilan untuk ibu-ibu, dan buku-buku kesehatan.

Disamping buku-buku bacaan, kami juga berharap akan adanya Surat Kabar/Koran yang masuk ke Dusun Paten.  Saat ini proposal sedang kami bawa ke Kompas dan Suara Merdeka untuk bisa mendapatkan Koran/Surat Kabar harian. Meskipun letaknya jauh dari Muntilan/Magelang, tapi salah satu pengurus RBSP ada yang kuliah di Magelang dan bersedia untuk mengambil Koran/Surat Kabar tesebut di agen/penyalur.
Dan terakhir yang menjadi harapan saya secara pribadi adalah kenyaman di RBSP. Saya berharap bisa merenovasi ruangan baca di RBSP. Dengan dana yang terbatas, kami mencoba untuk membuat ruang baca menjadi nyaman dengan membuat 2 buah meja, 2 buah papan tulis, 1 rak buku, plastik pelapis langit-langit. Namun satu hal yang belum terealisasikan saat ini adalah melakukan pengecatan ruang baca.
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai perkembangan Rumah Baca Sunan Pathi.  Kurang lebihnya saya mohon maaf.

0 komentar:

Posting Komentar